Sunday 25th July 2021

5 Tips Desain Interior Ruang Tamu pada Rumah Minimalis Modern

Rumah minimalis modern telah menjadi trend pada beberapa tahun akhir-akhir ini. Rumah ini dikenal memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, akan tetapi begitu elegan dan nyaman. Baik nilai guna maupun nilai estetika masuk dalam setiap desain rumah minimalis modern. Tentunya diperlukan penerapan teknik yang baik untuk mewujudkan desain rumah minimalis sesuai idaman.

 

 

Hunian dikatakan nyaman, aman, dan elegan bila pada setiap elemen, baik itu eksterior maupun interior sudah didesain dengan bagus. Maka dari itu, memperhatikan setiap bagian dalam rumah adalah hal yang patut dilakukan.  Salah satu bagian interior yang amat penting adalah ruang tamu. Ruang tamu minimalis merupakan ruangan yang dijadikan sebagai ruang pertemuan antar pemilik rumah dan tamunya. Oleh karena itu, memberikan kenyamanan bagi tamu adalah hal yang sangat penting.

 

Ruang tamu yang baik selain bisa memberikan kenyamanan bagi tamu, juga bisa dijadikan penilaian awal dari hunian itu sendiri serta sifat dari pemilik rumah. Apabila ruang tamu berantakan, sempit, dan kotor, tamu pun akan cenderung menilai pemilik rumah memiliki sifat buruk dan menganggap bahwa semua ruangan yang ada mungkin juga tidak bagus.

 

 

Desain interior ruang tamu untuk rumah minimalis modern bukanlah hal yang mudah. Tapi bila kita sudah serius, mendesain bukanlah hal yang susah. Berikut ini beberapa tips yang kami rangkum dan dapat Anda praktekkan sendiri dalam mendesain ruang tamu.

Baca
Bagaimana Cara Memilih Furniture Ruang Tamu ?

 

1.    Memperhatikan Ukuran Ruang Tamu
Langkah awal dalam mendesain ruang tamu adalah dengan memperhatikan ukurannya. Hal ini bertujuan untuk memberikan kita inspirasi untuk menjadikan ruang ini tampak lebih luas. Selain itu, kita bisa menentukan furniture yang tepat dalam ruang tamu tersebut.

 

2.    Menggunakan Lantai yang Tepat
Lantai adalah bagian alas yang penting dalam setiap ruangan. Pilihlah bahan lantai yang tepat, seperti lantai keramik. Warna lantai yang terang juga akan cocok digunakan. Anda pun bisa menambahkan karpet yang ditaruh di atas lantai keramik. Karpet akan berfungsi untuk menambah kehangatan dan kenyamanan.

 

 

3.    Mendesain Dinding
Salah satu cara dalam mendesain dinding adalah dengan menentukan warna cat yang tepat. Gunakanlah warna cat yang terang, karena warna terang bisa memberikan kesan ruangan yang luas. Tambahkan juga hiasan seperti jam dinding, foto keluarga, dan lukisan yang menarik. Tapi juga jangan terlalu banyak dalam memasang hiasan, pasanglah secukupnya saja sampai terlihat menarik dan enak dipandang.

Baca
Desain Interior Rumah Minimalis Modern Dan Apartemen

 

4.    Pencahayaan dan Ventilasi
Pastikan bahwa ruang tamu Anda memiliki pencahayaan yang cukup. Pakailah lampu yang berwarna kuning atau putih karena itu akan cocok dengan rumah minimalis. Untuk ventilasi pun perlu diperhatikan, pastikan bahwa di dalam ruang tamu udara bisa masuk dan keluar sehingga suhu pun menjadi lebih sejuk.

 

5.    Menata Furniture
Furniture harus dipilih dengan ukuran yang tepat sesuai ukuran ruang. Gunakan furniture seperti sofa dan meja yang berukuran yang cocok bila diletakkan ruang tamu Anda. Bila ruang tamu tidak terlalu besar, maka sofa dan meja pun sebaiknya tidak terlalu besar. Sebagai tambahan, Anda bisa menambahkan pot bunga, vas, dan hiasan lainnya. Atau Anda bisa menambahkan cermin di sudut ruangan agar ruang tamu tampak lebih luas. Intinya, gunakan furniture secukupnya namun tetap terasa nyaman dan menyenangkan saat berada di dalam ruangan tersebut.

 

 

Salah satu pepatah mengatakan bahwa tamu adalah raja. Maka dari itu, pastikan bahwa ruang tamu yang Anda miliki benar-benar nyaman dan membuat siapapun yang berada didalamnya betah. Rumah yang berukuran kecil bukan berarti tidak bisa memiliki ruang tamu yang menawan asalkan Anda menedesainnya sebaik mungkin.

/* */

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!