Sunday 24th September 2017

Desain Rumah Minimalis Modern Dengan Konsep Bungalow




Menurut sejarah, istilah bungalow berasal dari propinsi Bengal, India yaitu kata bangla atau bangala yaitu yang berarti rumah keluarga sederhana. Rumah ini memiliki atap jerami dengan beranda yang mengelilingi rumah. Bangsa Inggris yang pernah menguasai India mengadaptasi bentuk rumah tersebut menjadi lebih lapang untuk digunakan sebagai rumah singgah saat musim panas. Pengaturan tata ruang terinspirasi dari cottage-cottage di pedesaan Inggris sehingga ruang tamu menjadi pusat dari rumah tersebut dengan penempatan dapur, ruang makan, kamar tidur dan kamar mandi yang letaknya berdekatan.

rumah-bungalow-eropa



Gaya arsitektur ini akhirnya menyebar pula ke California, Amerika Serikat dan bungalow di Amerika diadaptasi dengan mengganti atap jerami menjadi kayu begitu juga untuk dindingnya dengan beranda yang lebih lebar namun tidak mengelilingi rumah. Dalam perkembangannya, konsep bungalow menjadi rumah berlantai dua dengan jendela besar.

Di Indonesia, rumah dengan konsep bungalow lebih banyak ditemui di daerah dekat pantai atau pegunungan, sehingga orang mempersepsikan bungalow di Indonesia sebagai rumah peristirahatan di daerah yang jauh dari perkotaan.

Baca
Denah Rumah Minimalis Type 45

Beberapa sumber menyebutkan bahwa ada 3 hal yang mendeskripsikan bangunan yang disebut bungalow, yaitu berlantai satu, terbuka dan memiliki beranda. Namun dalam perkembangannya, siapapun bisa berkreasi untuk menciptakan desain rumah dengan konsep bungalow yang memberi kenyamanan bagi pemiliknya.
Secara garis besar ada beberapa hal yang mendeskripsikan rumah dengan konsep bungalow sebagai berikut:

Dari Sisi Eksterior
1. Memiliki atap yang rendah dengan bentuk atap datar atau atap pelana.
2. Memiliki halaman yang luas dengan rumput menghijau subur dan rapi, dan dipercantik dengan pagar terbuat dari kayu atau pagar yang merupakan jajaran tanaman perdu.
3. Ada tangga kecil menuju pintu masuk. Terkadang tangga kecil itu dibuat di dekat pagar. Namun bukan berarti ini sesuatu yang mutlak.
4. Memiliki beranda yang sederhana, jendela berukuran besar di setiap sisi rumah dimana letak jendela di atur agar cahaya dapat menjadi penerangan alami rumah.

Baca
Rumah Tingkat minimalis

Dari Sisi Interior
1. Ruang tamu menjadi pusat rumah, dan dikelilingi oleh kamar tidur, ruang makan, dapur, dan menghubungkan semua ruang tanpa lorong.
2. Gunakan lantai kayu untuk memberi kesan natural pada rumah yang menggunakan konsep bungalow. Jika ingin menggunakan lantai konvensional, tambahkan karpet di ruang keluarga.
3. Agar dapur atau ruangan lain tidak ingin terlalu kelihatan, berikan pembatas ruang yang dapat dipindah-pindahkan supaya bisa diatur sesuai keinginan.
4. Tempatkan jendela yang cukup besar agar memudahkan udara bergerak ke dalam rumah dan memberi pencahayaan langsung dari luar.
5. Pilihlah warna dinding yang lembut seperti putih tulang, krem atau abu-abu muda.

Berikut ini adalah beberapa contoh desain rumah minimalis modern dengan konsep bungalow:

desain-rumah-sederhana-eropa-bungalow

rumah-bergaya-bungalow



(Visited 7,061 times, 2 visits today)

loading...
/* */

banner