Saturday 10th December 2016

Desain Rumah Tampak Depan Dengan Batu Alam




Bagian depan rumah selalu menjadi titik perhatian setiap orang yang melewati rumah Anda. Dalam mendesain bagian depan rumah agar tampak indah dipandang, tidak hanya membutuhkan rancangan bangunan yang artistik, namun juga pilihan warna dan ornamen yang menghiasinya. Salah satu jenis ornamen yang menjadi pilihan banyak orang untuk memperindah bagian depan rumah adalah menggunakan batu alam yang mampu menghadirkan kesan artistik dan natural.
Batu alam biasanya digunakan pada untuk beberapa bagian dinding rumah, misalnya diaplikasikan pada tiang teras atau di salah satu bagian dinding depan. Tujuan menggunakan batu alam adalah untuk memperindah tampilan keseluruhan bangunan tanpa harus mengaplikasikan batu alam pada seluruh bagian dinding rumah.

Gambar Teras rumah tampak depan batu alam

Gambar Teras rumah tampak depan batu alam



Berikut ini adalah beberapa jenis batu alam yang biasanya digunakan untuk mempercantik tampilan rumah minimalis, dimana batu-batu alam tersebut memiliki keunggulan dan kelemahan tersendiri, yaitu:

Batu candi. Batu ini memiliki tekstur kasar dan berwarna gelap sehingga cocok untuk menciptakan warna kontras dengan warna dinding yang terang seperti putih, krem atau warna-warna lembut lainnya. Kelemahannya jenis batu alam ini adalah pori-porinya yang besar dan mudah menyerap air. Jika tidak dirawat dengan baik, batu alam tersebut akan mudah berlumut.

Baca
Model Teras Rumah Minimalis

Batu paras. Batu alam ini sifatnya tidak jauh beda dengan batu candi, yakni berwarna gelap, memiliki pori-pori yang agak besar dan teksturnya kasar.
Batu lempeng kali. Batu ini memiliki warna gelap namun pori-porinyanya lebih kecil sehingga terhindar dari resiko berlumut.

Batu andhesite. Batu ini memiliki pori-pori kecil, dengan permukaan padat dan halus sehingga relatif tidak mudah terkena lumut dan tahan terhadap cuaca. Kekuatan batu ini menjadikannya batu yang paling banyak dipilih sebagai hiasan didinding luar rumah dan pagar.

Batu koral sikat. Batu jenis ini memiliki bentuk bulat kecil dan biasanya digunakan untuk mempercantik kolam ikan, taman, maupun carport. Di pasaran, batu alam jenis ini memiliki banyak pilihan warna.

Batu marmer. Batu alam jenis ini merupakan jenis batu yang paling disukai untuk ornamen rumah minimalis. Batu ini memiliki karakteristik sangat keras, warnanya lebih terang, dan porinya kecil sehingga cocok digunakan di luar ruangan. Dengan kualitas yang baik, harga batu alam ini relatif lebih mahal dibanding jenis batu alam lainnya.

Baca
Desain Halaman Rumah Terbaru dan Nyaman

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membuat desain rumah dengan menggunakan batu alam, misalnya:
1. Aplikasikan batu alam pada bagian rumah yang akan mendapat perhatian.
2. Pilihlah batu alam yang memiliki warna kontras dengan warna dinding rumah agar keindahan batu alam terlihat jelas.
3. Dalam mengaplikasikan batu alam yang berwarna gelap, usahakan untuk tidak menutupi lebih dari 40% dinding agar tidak memberi kesan suram. Namun jika Anda ingin menggunakan dinding yang ditutup oleh batu alam, sebaiknya menggunakan batu alam yang berwarna terang.
4. Kelemahan dinding yang menggunakan batu alam adalah mudah tumbuh lumut sehingga harus mendapat perhatian khusus untuk sering dibersihkan.

Berikut ini adalah beberapa contoh gambar desain rumah tampak depan dengan batu alam.

Rumah minimalis tampak depan batu alam

Rumah minimalis tampak depan batu alam

Teras depan rumah dengan kombinasi batu alam

Teras depan rumah dengan kombinasi batu alam. Image source: www.majalahbatu.com



(Visited 23,738 times, 1 visits today)

loading...
/* */

banner