Sunday 4th December 2016

Desain Taman Rumah Gaya Bali yang Eksotis




Keindahan arsitektur bangunan di pulau dewata mencerminkan ciri khas arsitektur tradisional masyarakat Bali yang masih kental kebudayaannya. Jika Anda ingin menerapkan desain tradisional arsitektur rumah Bali pada taman di rumah Anda, ada beberapa hal yang bisa dipertimbangkan untuk menghadirkan nuansa Bali di rumah Anda.

1. Tanaman
Pilihlah tanaman yang memiliki daun lebar. Tanaman dengan daun lebar yang identik dengan Bali diantaranya tanaman pisang Bali, kembang sepatu, pandan, jenis palem-paleman, honje, helokonia, dan juga bunga kamboja putih. Tanaman air seperti bunga teratai kuning dan ungu juga akan mempercantik taman dengan gaya Bali.

Pada contoh gambar di bawah ini, pemilihan tanaman berdaun lebar akan menguatkan nuansa Bali jika didukung oleh beberapa aksesoris atau ukiran khas Bali di taman tersebut.

Desain taman gaya bali

Desain taman gaya bali



Desain Taman rumah bergaya Bali

2. Air dan Batu
Taman yang menggunakan air dan batu dapat ditambahkan sebagai unsur yang menguatkan nuansa khas Bali. Misalnya membuat kolam kecil dengan batu-batu yang menghiasi pinggir kolam atau air mancur kecil yang dihiasi bebatuan alam untuk memberi kesan segar dan natural. Perhatikan contoh aplikasi air dan batu pada desain taman rumah bali di bawah ini. Selain mempercantik taman, air dan batu yang didesain sebagai bentuk kolam dengan air mancur air terjun akan memberi kesejukan pada penampilan taman tersebut. Apalagi jika di pinggir kolam diberi patung khas Bali sehingga kesan tradisional Bali terwakili pada taman ini.

Hiasan kolam ikan pada taman bergaya Bali

Hiasan kolam ikan pada taman bergaya Bali

Desain taman dengan gemericik air gaya bali

Desain taman dengan gemericik air gaya bali. Images source Udaya Uppaluri

3. Gapura
Buatlah gapura kecil dengan nuansa Bali di pintu masuk menuju halaman rumah. Penempatan gapura khas Bali di depan rumah akan membuat siapapun yang datang bertamu, akan langsung memiliki persepsi bahwa rumah tersebut memiliki nuansa Bali walaupun mungkin tamannya tidak banyak menggunakan unsur-unsur yang mencerminkan rumah Bali.

Gapura untuk desain taman model Bali

Gapura untuk desain taman model Bali

4. Aksesoris Taman
Sebagai pelengkap taman yang memiliki nuansa tradisional Bali, tambahkan beberapa aksesoris yang menjadi ciri khas Bali seperti patung, kain kotak hitam putih atau payung tradisional khas Bali sehingga nuansa Bali akan sangat terasa pada taman tersebut. Perhatikan dua contoh aksesoris khas Bali di bawah ini. Siapapun sudah mengenal kedua jenis aksesoris khas Bali tersebut, yaitu patung dan kain dengan motif kotak hitam putih. Penempatan aksesoris tersebut di taman akan memberi kesan bahwa taman tersebut memiliki desain Bali.

Desain Gazebo taman gaya Bali

Desain Gazebo taman gaya Bali

Dengan mengikuti tips yang disebutkan di atas, Anda bisa membuat taman yang memiliki nuansa tradisional Bali dengan kesan natural dan segar karena banyak menggunakan tanaman hijau, kolam dan aksesoris pendukung. Berikut ini adalah contoh desain taman yang menggabungkan beberapa hal yang mewakili Bali. Perhatikan, ada air, batu, tanaman hijau, payung khas Bali dan gazebo dengan aksesoris patung di sampingnya.Keindahan Bali nampak pada taman ini.



(Visited 7,824 times, 22 visits today)

Baca
Kumpulan Gambar Desain Taman Rumah Hook
loading...
/* */

banner