Sunday 4th December 2016

Cara Membersihkan Dan Merawat Lantai Bambu Agar Tetap Mempesona




Saat ini banyak rumah modern yang menggunakan lantai bambu untuk mempercantik tampilan interior khususnya lantai rumah. Seperti kita ketahui, bambu adalah salah satu jenis material yang berasal dari alam yang memiliki banyak keunggulan dan bila dijadikan sebagai lantai akan membantu memberi tampilan yang lebih natural dan menyenangkan pada ruangan secara keseluruhan. Disamping keunggulan yang dimiliki ternyata lantai bambu termasuk lantai yang sangat sensitif sehingga memerlukan perawatan khusus supaya tidak cepat rusak, tidak seperti lantai marmer, semen dan lantai jenis lainnya yang tidak membutuhkan perawatan khusus. Jika anda memiliki lantai bambu dan belum tahu bagaimana merawatnya berikut beberapa cara membersihkan dan merawat lantai bambu yang bisa anda praktekkan di rumah.

Contoh Lantai Bambu Laminasi

Contoh Lantai Bambu Laminasi



Cara membersihkan lantai bambu.

  • Seperti jenis lantai lainnya, sapu lantai bambu setiap hari agar selalu bersih.
  • Bersihkan lantai bambu dengan cara dipel 3 atau 4 kali dalam seminggu supaya tidak kusam. Cara mengepelnya tidak sama dengan jenis lantai lainnya, gunakan sedikit air saja, caranya gunakan kain yang lebut atau kain microfiber, celupkan ke air larutan pembersih lantai lalu peras hingga hampir kering. Lalu gunakan kain tadi untuk mengepel lantai bambu.
  • Anda juga bisa membersihkan lantai bambu menggunakan vacuum cleaner paling tidak 2 bulan sekali, usahakan lantai bambu dalam keadaan kering waktu membersihkan dengan vacuum cleaner.
  • Saat membersihkan jangan sekali-kali menggeser furniture karena gesekan kaki furniture bisa merusak lantai bambu.
  • Untuk noda yang sedikit membandel, bersihkan dengan cairan khusus untuk lantai bambu. Jangan menggunakan zat kimia yang umum dipasaran karena akan merusah lantai bambu itu sendiri.
Cara pembuatan lantai bambu yang baik

Cara pembuatan lantai bambu yang baik. Sumber gambar: propertytoday.co.id

Cara merawat lantai bambu

  • Lindungi lantai bambu dari sinar matahari secara langsung supaya warnanya tidak cepat pudar, anda bisa menggunakan tirai atau yang sejenisnya.
  • Sebaiknya gunakan karpet untuk melapisi lantai bambu sekaligus mempercantik tampilan ruangan anda.
  • Usahakan tidak menggunakan alas kaki ketika beraktifitas di atas lantai bambu, kalau terpaksa menggunakan alas kaki sebaiknya gunakan alas kaki yang bahannya lembut seperti slipper yang biasa dipakai di hotel.
  • Untuk meminimalisir debu atau partikel yang berpotensi merusak lantai bambu sebaiknya letakkan keset disetiap pintu masuk.
  • Jangan menggeser furniture karena bisa merusak lantai bambu, sebaiknya disetiap kaki furniture dipasangi bantalan karet agar tidak merusak lantai bambu.
  • Usahakan lantai bambu selalu dalam keadaan kering jangan sampai lembah apalagi basah, karena salah satu musuh lantai bambu adalah air.
  • Yang terakhir, jika ada binatang peliharaan di rumah anda seperti kucing sebaiknya kurangi aktifitasnya di lantai bambu untuk menghindari hal-hak yang tidak diinginkan seperti bekas cakar dan lain-lain.
Baca
Tips Memilih Keramik Lantai untuk Rumah Minimalis

Nah, mudah bukan? Memang lantai bambu membutuhkan perawatan ekstra agar tetap tampil mempesona, jika anda punya cara membersihkan dan merawat lantai bambu tersediri silakan share di kolom komentar dibawah ini.



(Visited 1,367 times, 1 visits today)

loading...
/* */

banner