Saturday 10th December 2016

7 Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Menata Pencahayaan Rumah Minimalis




Untuk menerapkan pencahayaan rumah minimalis yang tepat dan sempurna, maka ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan. Seperti kita ketahui, pencahayaan adalah salah satu item penting yang akan memaksimalkan tampilan, nuansa, dan suasana rumah secara keseluruhan, dan akan sangat penting bagi kita untuk mendapatkan pencahayaan yang berkualitas tinggi.

Tata cahaya ruang tamu minimalis sederhana

Tata cahaya ruang tamu minimalis sederhana



Dan berikut adalah beberapa hal yang perlu kita perhatikan untuk mewujudkan pencahayaan rumah minimalis yang kita harapkan:

  1. Pertama, ketahui dan tentukan tujuan pencahayaan yang ingin kita terapkan – ada beberapa jenis pencahayaan yang bisa kita pilih untuk diterapkan sesuai dengan kebutuhan masing-masing mulai dari task lighting yang berfungsi untuk memberikan fokus pada ruang atau item yang kita inginkan, ambient atau indirect lighting yang digunakan untuk mendapatkan suasana dan penerangan untuk keseluruhan ruangan, dan lainnya. Dengan memilih dan mendapatkan pencahayaan yang tepat sesuai dengan tujuan dari masing-masing ruangan, maka akan lebih mudah bagi kita untuk mendapatkan suasana yang kita inginkan.
  2. Kedua, Untuk penerangan di luar rumah sebaiknya gunakan pencahayaan yang berfungsi memberi keamanan dan keselamatan – kita perlu menerapkan pencahayaan untuk menerangi trotoar hingga perimeter rumah dengan penerangan yang memiliki tingkat pencahayaan yang tidak berlebihan – terang namun tidak mengganggu tetangga. Kita bisa memilih untuk menginstal flood lights pada eksterior rumah di beberapa sudut rumah yang dilengkapi dengan sensor gerak sehingga akan menyala secara otomatis ketika ada yang melewati daerah tersebut.
  3. Ketiga, Gunakan lampu temple (wall scones) untuk dekorasi – kita bisa memilih untuk menggunakan lampu tempel untuk eksterior yang akan menghasilkan tampilan yang lebih cantik di malam hari sebagai salah satu pilihan pencahayaan rumah minimalis. Ini adalah salah satu jenis pencahayaan yang memberikan pancara sinar pada dinding eksterior rumah dan menciptakan suasana yang nyaman di malam hari.
  4. Keempat, gunakan beberapa sumber cahaya pada suatu ruangan – hal ini kita lakukan untuk mencapai berbagai fungsi dan aktivitas yang kita lakukan di ruangan tersebut. Untuk dapur, misalnya, kita bisa menginstal lampu bawah kabinet, overhead lighting, dan seterusnya. Dengan menginstal beberapa sumber cahaya pada satu ruangan, maka besar kemungkinan bagi kita untuk memaksimalkan tampilan yang kita inginkan. Beberapa sumber cahaya tersebut akan saling melengkapi satu dengan lainnya dalam menghadirkan tampilan yang lebih fungsional pada ruangan.
  5. Kelima, gunakan recessed lighting untuk langit-langit tinggi dan gaya dekorasi modern sebagai pencahayaan rumah minimalis – hal ini kita lakukan dalam rangka menghadirkan cahaya yang lebih halus pada suatu ruangan.
  6. Keenam, gunakan “lampu tidur” untuk kamar tidur anak – lampu tidur akan membantu anak-anak jauh dari rasa takut dan sekaligus membantu orang tua untuk menavigasi melalui kamar yang gelap. Bila kita memiliki nursery room, maka kita bisa mempertimbangkan untuk menggunakan lampu dinding dengan model dim atau lampu meja yang akan membuat suasana makin nyaman.
  7. Ketujuh, terapkan chandelier untuk ruang tamu dan ruang makan – ada berbagai pilihan desain dan gaya chandelier yang bisa kita dapatkan yang bisa kita dapatkan dengan mempertimbangkan ukuran ruangan, tinggi langit-langit, dan gaya dekorasi yang diterapkan pada ruangan.



(Visited 3,925 times, 1 visits today)

loading...
/* */

banner