Saturday 10th December 2016

Tips Renovasi Rumah dengan Budget Minim




Terkadang kita tidak merasa puas dengan model atau bentuk rumah yang kita miliki, sehingga kita membutuhkan renovasi rumah seperti menambah 2 lantai, melebarkan bangunan rumah, dan lainnya. Namun, bisa dibilang jika melakukan renovasi rumah membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Anda membutuhkan biaya untuk membeli bahan bangunan dan juga membayar upah buruh bangunan yang merenovasi rumah anda.
Namun, anda tidak perlu khawatir karena dengan perhitungan yang tepat maka anda juga bisa melakukan renovasi rumah walaupun dana atau budget yang anda miliki sangatlah tipis. Berikut ini beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk merenovasi rumah dengan budget yang minim, silakan disimak ya :

Tips jitu renovasi rumah dengan budget minim

Tips jitu renovasi rumah dengan budget minim. Sumber gambar: jasarenovasirumah2014.wordpress.com



Renovasi Rumah dengan Budget Rendah

1. Menentukan Konsep Rumah
Sebelum melakukan renovasi, terlebih dahulu buatlah konsep rumah dengan jelas. Dengan begitu, anda tidak akan mengalami kesulitan pada saat melakukan renovasi rumah. Buatlah desain dan denah rumah untuk mendukung konsep rumah yang anda inginkan nantinya. Jika anda masih bingung, silakan anda lihat kumpulan konsep rumah yang ada di internet untuk dijadikan inspirasi.

Baca
Cara Memperbaiki dan Mengganti Kusen yang Dimakan Rayap

2. Mengukur Luas Rumah
Tahap lainnya yang mesti dilakukan yaitu mengukur dengan teliti luas rumah yang akan anda renovasi. Pastikan anda ukur secara detail, karena jika luasnya kelebihan malah bisa menambah biaya lagi.

Rencana anggran biaya renovasi rumah

Rencana anggran biaya renovasi rumah. Sumber: iderenovrumah.blogspot.com

3. Menentukan Material Bangunan
Tahap berikutnya yang tidak kalah penting adalah menentukan bahan bangunan yang akan anda gunakan. Anda bisa memilih bahan bangunan yang berkualitas dengan harga yang terjangkau. Jangan hanya terpaku pada satu toko bangunan saja, namun cobalah anda kunjungi berbagai toko bangunan untuk membandingkan harga dan pilihlah toko bangunan yang dapat menyediakan material atau bahan bangunan dengan harga yang murah.

4. Sistem Borongan
Jika anda menyewa tukang atau buruh bangunan untuk merenovasi rumah, sebaiknya anda ambil yang sistem borongan saja karena harganya jauh lebih terjangkau ketimbang yang harian. Namun, sebaiknya anda tetap melakukan penawaran harga agar mendapatkan harga yang paling murah. Selain itu, pastikan juga anda memantau aktifitas para buruh tersebut, karena tidak sedikit buruh yang bermalas-malasan ketika tidak dipantau.

Baca
Tips Menata Ruangan Yang Romantis Menurut Feng Shui

5. Memilih Waktu yang Tepat
Pilihlah waktu yang sesuai untuk melakukan renovasi rumah yaitu pada musim panas atau musim kemarau, hal ini bertujuan agar semen dapat mengering. Selain itu, jika melakukan renovasi rumah pada saat musim panas bisa dilakukan semaksimal mungkin. Sedangkan jika anda melakukan renovasi pada musim hujan bisa membuat pekerjaan menjadi terganggu dan tertunda sehingga waktu penyelesain renovasi juga semakin lama.

6. Pilihlah Buruh Bangunan yang Terpercaya
Supaya dana anda tidak terkuras untuk merenovasi bangunan maka pilihlah tukang atau buruh bangunan yang memang anda kenal sehingga bisa dipercaya. Pada umumnya, buruh bangunan yang baru kita kenal biasanya langsung mematok harga yang cukup tinggi.

Bagaiman menurut anda? ternyata anda juga bisa melakukan renovasi rumah dengan budget yang tipis asalkan mengikuti semua langkah yang telah disampaikan diatas. Jadi sekarang ini anda tidak perlu bingung lagi jika ingin merenovasi rumah anda walaupun dana yang anda miliki sudah sangat minim.



(Visited 8,698 times, 1 visits today)

loading...
/* */

banner