Friday 9th December 2016

Menentukan Atap Rumah yang Sesuai untuk Rumah Kecil




Atap memiliki peran yang sangat penting untuk rumah seperti menjaga rumah agar terhindar dari sengatan terik matahari, guyura hujan, dan juga polusi udara. Selain itu, atap juga dapat mempengaruhi tampilan rumah anda loh. Jika pemilihan atap rumah tidak sesuai dengan bentuk keseluruhan rumah anda maka tampilan rumah anda bisa terlihat jelek. Maka dari itu, pilihlah atap yang sesuai dengan bentuk dan juga model rumah yang anda miliki.

Desain atap rumah minimalis kecil

Desain atap rumah minimalis kecil. Sumber gambar: www.rum4h.info



Bukan itu saja, atap rumah juga sangat bermanfaat untuk menjaga keamanan rumah anda loh. Misalkan, dari benda-benar keras seperti batu yang terlempar dan juga serangan binatang yang berbahaya seperti ular. Untuk anda yang memiliki rumah kecil dengan lahan yang sangat terbatas sebaiknya pintar-pintar dalam memiliha atap rumah karena memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap penampilan dan kenyamanan rumah anda. Berikut ini tips untuk memilih atap untuk rumah yang kecil :

Baca
Desain Rumah Mungil Type 27 Yang Nyaman dan Indah

Menentukan Atap Rumah yang Sesuai untuk Rumah Kecil

1. Pemilihan Atap yang Tinggi
Rumah yang kecil tentunya memiliki lahan yang tidak terlalu lebar dan luas. Maka dari itu, sebaiknya memilih atap rumah yang tinggi sehingga sirkulasi udara di dalam rumah bisa berjalan dengan lancar dan suasana di dalam rumah bisa terasa nyaman dan lega. Bukan itu saja, dengan memilih atap yang tinggi juga terhindar dari binatang kecil seperti kecoa, rayap, dan nyamuk.

Model atap pada desain rumah sederhana

Model atap pada desain rumah sederhana

2. Rangka Atap
Untuk menyangga bagian atap maka sebaiknya anda gunakan rangka baja ringan, karena rangka baja ringan lebih kuat, tidak mudah keropos dan juga lebih awet. Selain itu, harga rangka baja ringan sekarang ini juga sangat terjangkau sehingga bisa menghemat kantong anda. Pemilihan baja ringan ini juga bertujuan untuk menjaga keamanan keluarga anda, karena tidak jarang banyak atap yang roboh karena penyangganya terbuat dari kayu sehingga mudah keropos.

Baca
Arsitektur Rumah Minimalis Masa Kini

3. Material Bagian Dalam Atap
Untuk bagian dalam atapnya biasanya terbuat dari beberapa material seperti triplek, marmer, dan juga kayu jati. Namun, untuk rumah yang kecil sebaiknya menggunakan atap berbahan triplek dengan ukuran yang agak tebal, karena dengan menggunakan triplek suasana di dalam rumah tidak terlalu panas atau gerah. Selaini itu, triplek juga mudah diganti jika suatu saat anda ingin mengganti bagian dalam atapnya.

Menentukan Atap Rumah yang Sesuai untuk Rumah Kecil

Menentukan Atap Rumah yang Sesuai untuk Rumah Kecil

4. Bentuk Atap
Sekarang ini ada banyak sekali bentuk dan model atap yang bisa anda pilih seperti bentuk segitiga, datar, bentuk limas, dan lainnya. Untuk rumah yang berukuran kecil, sebaiknya pilih bentuk atap segitiga karena dapat menutupi setiap bagian sisinya. Namun, anda juga harus menyesuaikan lebar atap dengan lebar rumah anda supaya terlihat lebih serasi dan menarik.

Menentukan atap rumah yang sesuai untuk rumah yang kecil sebenarnya sangat mudah. Dengan mengikuti semua langkah diatas maka anda sudah bisa mendapatkan atap rumah yang sesuai dengan ukuran rumah anda.



(Visited 3,393 times, 1 visits today)

loading...
/* */

banner