Saturday 10th December 2016

Cara Melakukan Renovasi Bangunan Tua Jadi Minimalis




Cara melakukan renovasi untuk bangunan tua sangat berbeda sekali dengan melakukan renovasi pada bangunan yang baru dan minimalis. Akan tetapi jika gedung itu dirombak secara total tentunya akan menghilangkan bentuk asli dan desain utama bangunan tersebut. Perombakan pastinya tidak akan dilakukan karena gedung atau bangunan tua memiliki daya tarik yang lebih istimewa jika dibandingkan dengan bangunan yang lebih modern.

Renovasi rumah type 36 menjadi 2 lantai

Renovasi rumah type 36 menjadi 2 lantai. Sumber gambar: desainrumah.me



Apalagi jika bangunan tersebut memiliki nilai sejarah dan nilai seni tersendiri. Misalnya bangunan tersebut pernah digunakan untuk melakukan suatu kegiatan yang memberikan pengaruh besar terhadap yang dirasakan pada saat ini. Biasanya proses renovasi yang bertujuan lebih menjaga dan merawat bangunan juga akan menimbulkan pendapat pro dan kontra dari masyarakat sekalipun bangunannya adalah milik pribadi.

Baca
Desain Rumah Minimalis Modern Bikin Greget

Oleh karena itu sangat diperlukan untuk mengetahui teknik dan cara merenovasi bangunan tua secara baik dan benar. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari tahu dengan menghubungi pihak yang berwenang seperti dinas pariwisata dan budaya, balai purbakala serta lembaga lain yang mempunyai kewajiban untuk mengatasi masalah tersebut. Jika telah mendapatkan ijin, langkah selanjutnya adalah menghubungi para arsitektur yang sudah berpengalaman dan bila perlu libatkan pula para ahli sejarahwan supaya lebih mengetahui seluk beluk bangunan tersebut dari segi sejarah, budaya maupun arsitekturnya.

Cara renovasi rumah tua jadi minimalis modern

Cara renovasi rumah tua jadi minimalis modern. Sumber gambar: simplenewz.com

Melakukan konsultasi dengan mereka semua, bagian mana dari gedung itu yang bisa diperbaiki serta bagian mana yang tidak boleh diperbaiki. Perlu diketahui bahwa melakukan renovasi tidak boleh menghilangkan bahkan merubah bentuk asli bangunan menggunakan elemen lain. Karena perubahan tersebut menyebabkan hilangnya elemen-elemen dari nilai-nilai seni dan kebudayaannya. Seperti saat ingin mengubah atap sirap dengan menggantinya dengan atap sirap yang baru. Kemudian untuk mengganti bagian konstruksi dari struktur dari baja atau bahan yang lainnya yang pastinya lebih kuat daripada kayu.

Renovasi rumah type 45 jadi 2 lantai

Renovasi rumah type 45 jadi 2 lantai. Sumber gambar: www.ketkpgan.com

Tetapi untuk atap sirapnya tidak boleh diganti dengan jenis yang lain kecuali itu untuk mengganti gentengnya boleh menggantinya dengan jenis lain akan tetapi tetap menggunakan warna dan tampilan yang sama. Begitu pula dengan elemen yang lainnya seperti pintu dan jendela boleh diganti tetapi dengan bentuk dan gaya yang tidak boleh diubah.

Baca
Griya Unik di Tahun 2015



(Visited 3,089 times, 1 visits today)

loading...
/* */

banner