Sunday 4th December 2016

Tips Alami Bersihkan Noda Kotor di Keramik dan Porselen yang Membandel




Menghilangkan noda pada perabotan yang berbahan keramik, seperti lantai dan kloset memang menjadi hal yang susah-susah gampang. Terlebih apabila noda tersebut tergolong noda yang membandel dan susah dihilangkan. Noda yang membandel seperti lumut, noda kusam, kerak dan percikan semen yang mengering membutuhkan perawatan khusus.

Menghilangkan noda membandel di keramik dan porselen

Menghilangkan noda membandel di keramik dan porselen. Sumber gambar: desaininteriormurah.net



Produk pembersih berbahan kimia memang cukup efektif dalam membersihkan, akan tetapi zat kimia memiliki sifat korosif, melukai kulit dan bisa berbahaya bila sampai terhirup. Nah, kali ini kita akan membahas mengenai beberapa bahan alami untuk membersihkan noda.

1. CUKA
Cuka memiliki sifat asam yang akan bisa membantu mengatasi noda membandel dengan cukup efisien. Ternyata selain sebagai bumbu dapur, cuka dapat Anda manfaatkan sebagai bahan pembersih alami untuk noda di keramik.
Lantai keramik
Cara menggunakannya dengan cara menuangkan cuka secukupnya di lantai keramik kemudian dibiarkan selama sekitar 5 menit, setelah itu tinggal menggosoknya menggunakan lap pel sampai bersih.
Kloset
Cara menggunakannya dengan memasukkan cuka dan air yang dicampur ke dalam botol spray. Kemudian menyemprotkannya ke kloset, diamkan, lalu di lap menggunakan spons. Untuk menghilangkan bakteri, Anda bisa menambahkan cairan anti bakteri.
Showerhead
Masukkan air dan cuka yang dicampur kealam kantung plastik. Setelah itu masukkan kepala shower kemudian mengikatnya dengan karet sampai kepala shower terendam, lalu dibiarkan selama 1 jam. Selanjutnya lepaskanlah kantung dan biarkanlah air mengalir perlahan. Setelah itu di lap menggunakan air sampai bersih.
Bathtub
Semprot menggunakan campuran air dan cuka untuk perawatan pada bathup. Sedangkan untuk mengatasi noda kusam, taburkanlah bubuk baking soda di noda membandel lalu membiarkannya sejenak. Setelah itu mencampurkan cuka dan menggosoknya memakai spons atau sikat, dan dibilas sampai bersih menggunakan air.

Baca
Cara Memperbaiki dan Mengganti Kusen yang Dimakan Rayap

2. BELIMBING WULUH
Belimbing wuluh mengandung zat alami asam yang tinggi dan membantu dalam mengatasi noda membandel di keramik atau porselen.
Membersihkan Noda di Keramik
Cara menggunakannya yaitu dengan mengupas belimbing wuluh kemudian menggosokkannya pada noda keramik, dan mendiamkannya sejenak. Setelah itu digosok lagi dengan lap atau sikat sampai bersih. Sementara itu, pada noda nat keramik, gosoklah menggunakan sikat yang ditambah sabun. 2 buah belimbing wuluh bisa digunakan pada keramik berukuran 400 cm persegi.
Membersihkan Noda di Perabot Porselen
Perabot seperti cangkir, gelas, piring, mud, yang terbuat dari porselen bisa menggunakan belimbing wuluh dengan cara menggosoknya dan membilasnya sampai bersih.

Baca
5 Tips Jitu Mengubah Nuansa Rumah Jadi Menyenangkan

Itulah beberapa tips yang dapat kami bagikan dalam membersihkan lantai keramik atau perabot porselen yang ternoda. Semoga berguna dan selamat mencoba !



(Visited 27,107 times, 52 visits today)

loading...
/* */

banner