Saturday 10th December 2016

Kumpulan Sketsa Rumah Minimalis Untuk Inspirasi




Sketsa rumah minimalis berfungsi sebagai petunjuk dalam proses pembangunan. Tanpa sketsa yang detail, mungkin bangunan akan berdiri ala kadarnya, kurang tertata dan tidak memiliki interior yang baik. Sketsa rumah dibuat berdasarkan kebutuhan penguhinya, misalnya satu lantai, rumah sederhana, dua lantai, atau ada juga yang hingga 4 lantai. Tentu tata ruang untuk bangunan besar dengan sederhana punya perbedaan. Untuk lebih detailnya, mari kita simak uraian berikut ini.

gambar 3D sketsa rumah satu lantai

Image source: upxel.com



gambar sketsa rumah minimalis 1 lantai

Image source: francotechnogap.com

1. Sketsa Rumah Satu Lantai
Tidak banyak ruangan yang bisa dibuat dari rumah satu lantai. Kalau tanahnya sempit, paling hanya ruang tamu, 2 kamar tidur, dan dapur. Tapi jika tanahnya luas bisa ditambah dengan kamar tidur, ruang keluarga, dan ruang makan. Idealnya, setiap rumah entah itu besar ataupun kecil haruslah memiliki teras, taman depan, dan tanah kosong di belakang.

Sebelum membuat sketsa rumah minimalis, ada baiknya jika anda menentukan dulu berapa ruangan yang kira-kira dibutuhkan. Kemudian sesuaikan dengan luas tanah yang anda miliki. Selanjutnya anda akan bisa mentaksir kira-kira berapa ukuran masing-masing ruangan. Sudah proporsionalkah jumlah ruangan dengan besar tanah? Bila tanahnya yang terlalu luas itu tidak masalah karena anda bisa memberikan sisa lahan kosong. Tapi bila ternyata jumlah ruangannya yang berlebihan, sebaiknya coba mengurangi kebutuhan ruangan. Misalnya dengan menyatukan kamar tidur anak dengan tempat tidur tingkat atau menyatukan dua ruangan yang berdampingan.

sketsa rumah minimalis dua lantai

Image source: www.housedesigns.pics

2. Sketsa Rumah 2 Lantai
Tidak semua rumah berlantai dua itu terasa lebih luas. Di atas tanah yang sempit, anda juga harus pandai mengatur ruangan meskipun bertingkat. Lantai bawah harus terdiri dari ruang tamu, kamar mandi, kamar tidur, garasi dan teras. Minimal ada ruangan tersebut. Untuk lantai atas bisa digunakan untuk kamar tidur anak, ruang keluarga, dapur, dan ruang makan. Kalau tanahnya luas, dapur dan ruang makan bisa di bawah.

Penempatan tangga juga perlu diperhatikan. Tangga yang kurang pas bisa mempersempit lahan. Bila tanahnya sempit, anak tangganya dibuat tinggi-tinggi. Tapi bila cukup luas bisa dibuat lebih rendah agar memudahkan penghuni saat melewati. Sangat penting untuk memperhatikan lantai tangga. Jangan gunakan lantai yang licin demi keamanan.
Setelah sketsa rumah minimalis selesai dibuat, giliran anda merencanakan interior tiap ruangan. Untuk rumah minimalis dua lantai, boleh menggunakan dua tema berbeda untuk lantai bawah dan atas. Tapi bagian luarnya harus tetap padu agar terlihat lebih indah. Tema yang berbeda untuk rumah dua lantai akan mengurangi rasa bosan penghuninya.

gambar tehnik sketsa rumah 2 lantai

Image source: cofeepots.info

Jangan lupa untuk mengoreksi kembali sketsa rumah anda secara detail. Perlu dilakukan pengukuran yang tepat untuk masing-masing ruangan. Setelah itu, lakukan taksiran kebutuhan bahan bangunan. Dengan begitu anda bisa merencanakan sebuah hunian yang sesuai dengan budget. Semoga bermanfaat.



(Visited 4,896 times, 1 visits today)

Baca
Kumpulan Gambar Model Rumah Minimalis 1 Lantai
loading...
/* */

banner