Friday 9th December 2016

Arsitektur Rumah Minimalis Masa Kini




Salah satu hal yang penting sebelum membangun sebuah rumah adalah arsitekturnya. Ibarat sekolah, arsitektur merupakan rancangan pembelajaran yang akan dijalani. Begitu pula dengan bangunan, arsitektur rumah minimalis masa kini akan menuntun pekerja menyelesaikan sebuah proyek pembangunan.

Gambar arsitektur sebuah rumah bisa dibuat sendiri bila anda mumpuni dalam bidang tersebut atau menyerahkannya pada arsitek dengan biaya yang tidak sedikit. Hasilnya? Di tangan para ahli pasti semuanya menjadi lebih baik. Terkadang seseorang khawatir bila arsitek tidak menggambarkan desain sesuai dengan keinginannya karena faktor subjektif. Bila anda berpikir demikian, bicarakan saja pada perancang hunian seperti apa rancangan yang anda inginkan. Dengan begitu, arsitek akan mendesainnya sesuai permintaan klien.

arsitektur rumah minimalis 1 lantai

Arsitektur Rumah Minimalis. Sumber: derumah.com



1. Konsep
Sebelum memulai apapun, tentukan dulu konsep arsitektur rumah minimalis anda. Apakah akan dijadikan rumah minimalis modern, semi tradisional, asri, ceria, atau justru abstrak. Konsep rumah akan mempengaruhi bentuk dan pewarnaannya nanti. Banyak orang yang asal menggambar desain rumah mereka tanpa menentukan konsepnya dulu. Alhasil, tema rumahnya jadi berantakan. Bagian depan tampak minimalis modern sedangkan di dalamnya ada berbagai aksesoris antik. Tentu kurang sesuai, bukan?

Baca
Gambar Arsitektur Rumah Minimalis Mewah Modern

2. Ruangan
Apakah anda ingin membuat rumah untuk diri sendiri, keluarga kecil, atau keluarga besar dengan banyak anak, saudara, atau mungkin orangtua? Ini sangat mempengaruhi jumlah ruangan yang akan dibangun. Misalnya tanah dengan luas 60 meter persegi akan dihuni oleh 6 anggota keluarga. Tentu tidak akan cukup kalau hanya dibuat satu lantai. Berarti anda harus mendesain untuk 2 lantai sekaigus bila tidak ingin punya halaman yang sempit.

arsitektur rumah minimalis sederhana murah

Image source: nvisual.wordpress.com

arsitektur rumah minimalis 2 lantai

Image source:: inforumahminimalis.com

arsitektur rumah minimalis 2 lantai type 36

Image source: hillhouse-ramblings.blogspot.com

3. Pagar
Tidak ketinggalan, arsitektur rumah minimalis juga harus merencanakan bentuk pagar sebagai sebuah kesatuan. Bila pagar dibangun terpisah, maka konsepnya akan berbeda dengan bangunan induk dan ini kurang nyaman untuk dipandang. Jadi sebaiknya sekalian saja desain pagarnya bila tanah anda mencukupi.

 

4. Interior
Rancangan desain yang diperlukan bukan hanya depan saja, tapi juga di dalam ruangan. Seperti apakah bentuk ruangannya nanti juga sebaiknya direncanakan agar anda bisa membeli furnitur yang sesuai dengan warna dan ukuran ruangan. Jangan sampai cat warna ruangannya adalah hijau, kemudian furniturnya diberikan warna coklat tua. Tentu kurang kombinatif. Akan lebih baik kalau warna hijau pupus (muda) dikombinasikan dengan furnitur berwarna putih.

arsitektur rumah minimalis 3 lantai

Image source: derumah.com

arsitektur rumah minimalis tropis

Image source: designarsitektur.com

contoh gambar arsitektur rumah minimalis

contoh gambar arsitektur rumah minimalis Image source: fotorumahminimalis.com

5. Perkiraan Dana
Setelah dirancang denahnya dengan luas bangunan yang akan didirikan, anda bisa mulai menghitung berapa anggaran yang diperlukan. Keperluan batu bata bisa ditaksir dari keliling hunian nanti, kemudian kebutuhan kayu atau almunium untuk atap, jendela, dan pintu rumah. Keperluan paving lantai halaman dan kaca jendela juga bisa disertakan untuk mengetahui berapa total anggaran bahan yang diperlukan. Nah, sekarang arsitektur rumah minimalis plus taksiran dana yang dibutuhkan sudah jadi.



(Visited 3,757 times, 2 visits today)

Baca
Desain Rumah Limas Minimalis Terbaru
loading...
/* */

banner